Logo Bloomberg Technoz

Pekan ini pasar juga menanti data penting AS lain, di antaranya data pertumbuhan ekonomi serta laporan konsumsi dan belanja termasuk inflasi PCE (Personal Consumption Expenditure) pada Jumat.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Gubernur The Federal San Francisco Mary Daly mengatakan tepat untuk mulai memangkas suku bunga, sementara rekannya di Richmond Thomas Barkin mengatakan dia masih melihat risiko kenaikan untuk inflasi, meskipun dia mendukung ‘Menurunkan’ suku bunga.

“Saatnya untuk menyesuaikan kebijakan telah tiba,” kata Daly pada Senin dalam sebuah wawancara dengan Michael McKee dari Bloomberg Television.

Pernyataan Daly sejalan dan senada dengan pidato dari Gubernur The Fed Jerome Powell di Jackson Hole pada Jumat kemarin, ia mengatakan “Waktunya telah tiba” untuk memulai masa pelonggaran moneter. 

Tim Research Phillip Sekuritas memaparkan, pidato Gubernur Bank Sentral AS, Jerome Powell, dalam acara simposium ekonomi Jackson Hole mengonfirmasi bahwa pemangkasan suku bunga acuan sudah dekat.

“Pidato Powell menandai perubahan tajam sikap (Stance) Federal Reserve setelah mulai menaikkan suku bunga dua tahun lalu karena inflasi meroket ke level tertinggi dalam beberapa generasi,” mengutip riset harian Tim Research Phillip Sekuritas.

Powell mengakui adanya sejumlah kemajuan berkaitan dengan perang melawan inflasi dan merasa yakin inflasi akan berhasil ditekan mendekati target 2% sehingga ‘Sudah tiba’ waktunya untuk melakukan penyesuaian pada kebijakan moneter.

Namun demikian, Powell tidak memberi indikasi kapan atau seberapa besar suku bunga berpotensi di tuturnkan.

(fad)

No more pages