Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Melemah 0,13%, Pasar Cermati Data Lanjutan The Fed

Muhammad Julian Fadli
27 August 2024 09:07

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (27/8/2024), dibuka melemah. Pada pukul 9.04, indeks kehilangan 10,12 poin atau setara dengan melemah 0,13% ke level 7.596.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 674 juta saham dengan nilai transaksi Rp616 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 59.051 kali.

Sebanyak 189 saham menguat, dan 115 saham melemah. Sementara, 238 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Investor terus mengawasi ketat para pembuat kebijakan AS saat pasar mencermati sejauh mana Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) kemungkinan akan memangkas suku bunga bulan depan, di September.

Angka-angka inflasi dan berbagai data Ekonomi AS di pekan ini akan memperkuat bahwa pemotongan suku bunga yang telah lama dinanti akan segera datang, sementara data tentang pengeluaran konsumen terlihat menunjukkan bahwa Bank Sentral telah berhasil menjaga laju ekspansi tetap utuh.