Logo Bloomberg Technoz

Pemulihan China melambat akibat krisis berkepanjangan di pasar properti. Hal lain adalah prospek karir yang tidak menentu, dan merosotnya pasar saham. Hal ini berkontribusi pada memburuknya sentimen konsumen di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Restoran Din Tai Fung di China biasanya memiliki pengeluaran per kapita sekitar 150 yuan (setara US$21), menurut Dianping, sebuah aplikasi restoran yang mirip dengan Yelp.

Pengeluaran per kapita tersebut semakin bertolak belakang dengan lingkungan di mana restoran-restoran kelas atas meluncurkan penawaran prasmanan dan jaringan makanan cepat saji membombardir pelanggan dengan penawaran yang harganya lebih dari satu dolar.

Jaringan restoran Taiwan memiliki lebih dari 180 gerai di seluruh dunia sejak didirikan pada tahun 1958. Dia tidak sendirian dalam mengurangi operasinya di China.

Beberapa restoran mewah dengan pengeluaran per kapita lebih dari 500 yuan di kota metropolis timur China, Shanghai, telah menghentikan bisnisnya tahun ini, menurut laporan media setempat.

Starbucks Corp sedang menjajaki kemitraan strategis setelah kinerjanya di China merosot karena konsumen berbondong-bondong beralih ke saingan lokal dengan penawaran yang jauh lebih murah.

(bbn)

No more pages