Logo Bloomberg Technoz

ShopeePay

ShopeePay menawarkan layanan transfer ke bank tanpa biaya apapun dengan syarat minimal transaksi sebesar Rp50.000 dan maksimal dilakukan 19 kali per bulan. Jika transfer dilakukan lebih dari 10 kali atau kurang dari Rp50.000, maka akan dikenakan biaya transfer Rp2.500.

Dana

DANA menawarkan transfer gratis tanpa biaya admin atau tarif dengan memperbarui akun menjadi Dana Premium.

Wise

Aplikasi pengiriman uang ini menawarkan transfer bebas biaya pada transfer pertama ke negara ataupun mata uang manapun. Fasilitas ini dapat digunakan hingga 6 bulan setelah mendaftar, setelah 6 bulan akan kadaluarsa jika tidak digunakan.

Flip

Flip memberikan layanan gratis instan untuk transfer ke bank dalam negeri dan top up e-wallet 10 transaksi pertama setiap bulannya. Untuk transaksi transfer antar bank ke 11-25 pertama di bulan tersebut tidak dikenakan biaya namun waktu proses sekitar 25 menit, jika memilih instan maka pengguna akan dikenakan biaya layanan Rp900 per transaksi.

Selain Itu, Flip memberikan layanan gratis transfer sebesar Rp5.000.000 setiap hari nya. Limit tersebut bersifat kumulatif dalam sehari dan jika dana yang dikirimkan telah melebihi batas maksimal maka dikenakan biaya layanan Rp2.000 per transaksi.

BI Buka Peluang Turunkan Tarif BI-Fast

Sebagai informasi, BI membuka peluang untuk menurunkan tarif layanan BI-Fast, yakni fasilitas pengiriman dana yang saat ini dipatok biaya sebesar Rp2.500.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Ryan Rizaldy mengatakan pihaknya saat ini masih fokus dalam membenahi permasalahan jangka pendek seperti meningkatkan sinergi antar Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Sehingga, masalah penyesuaian tarif BI-Fast sangat bergantung pada lingkup ekonomi makro.

“Misalnya bagaimana kondisi ekonomi yang melingkupi bahkan itu sampai variabel makro juga kan, jadi inflasi dan segala macem nanti akan mempengaruhi pertimbangan kami dalam menetapkan harga,” ungkap Ryan dalam taklimat media di Bali, dikutip Sabtu (24/8/2024).

(azr/lav)

No more pages