Logo Bloomberg Technoz

Vale (INCO) Cari Mitra Baru Buat Smelter HPAL Sorowako Rp32 T

Sultan Ibnu Affan
26 August 2024 17:50

Tungku matte penyadapan bijih di pabrik pengolahan yang dioperasikan oleh PT Vale Indonesia di Sorowako./Bloomberg-Dimas Ardian
Tungku matte penyadapan bijih di pabrik pengolahan yang dioperasikan oleh PT Vale Indonesia di Sorowako./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menyatakan tengah mencari mitra perusahaan baru untuk bergabung dalam proyek smelter hidrometalurgi atau berbasis high pressure acid leaching (HPAL) di Sorowako, Sulawesi Selatan.

Proyek smelter senilai sekitar US$2,1 miliar atau setara Rp32 triliun tersebut saat ini tengah digarap perseroan bersama mitranya, yakni Zhejiang Huayou Cobalt Co Ltd (Huayou).

"Saat ini baru dua party, [tetapi] dari diskusi yang ada, Huayou akan menge-track partner ketiga," ujar Presiden Direktur INCO Febriany Eddy dalam paparan publik secara daring, Senin (26/8/2024).

Vale Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Febriany menggarisbawahi rencana penambahan mitra tersebut mesti memenuhi sejumlah persyaratan seperti komitmen terhadap tata kelola lingkungan hingga sosial berdasarkan standar internasional.

Selain itu, dia juga memastikan proses pencarian mitra tersebut berjalan positif serta diharapkan rampung dalam waktu dekat. "Namun, diskusi masih belum mengerucut. Setelah nanti ada informasi lebih baik, maka kami tentu akan update ke pasar lagi," ujar dia.