Logo Bloomberg Technoz

TLKM Cari Mitra Strategis Kembangkan Bisnis Data Center

Sultan Ibnu Affan
26 August 2024 17:00

gedung Telkom. (dok perusahaan)
gedung Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom mengungkapkan rencana ekspansi anorganik dalam bisnis data center. Rencana tersebut juga memastikan perusahaan untuk mencari mitra strategis melalui anak usaha, PT Telkom Data Ekosistem atau NeutraDC

Direktur Keuangan dan Manajamen Risiko Telkom Heri Supriadi mengatakan, mitra strategis tersebut dibutuhkan guna membantu ekspansi pasar data center Telkom hingga ke luar negeri, seiring dengan rencana penambahan kapasitas data center perseroan sebesar 500 Megawat (MW) pada 2030 mendatang.

"Mengapa kami memerlukan stategi partner? Karena akan membantu kami mengakselerasi pertumbuhan pembangunan data center yang kami rencanakan," ujar Heri dalam paparan publik secara daring, Senin (26/8/2024).

Heri mengatakan, penjajakan mitra strategis tersebut juga dilakukan sebagai bagian dari strategi TLKM untuk mengakselerasi pasar data center hingga ke kancah global. 

Saat ini, kata Heri, Telkom juga telah menargetkan pangsa pasar data center domestik maupun regional hingga sebesar 15-20% dalam beberapa tahun mendatang. Perusahaan juga memproyeksikan permintaan bisnis data cloud di Indonesia sebesar 1,6 hingga 2 MW, yang juga menjadi salah satu pasar terbesarnya di Asia Tenggara.