Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga di Lampung


Bendungan Margatiga di Lampung, Bendungan ke-44 yang Diresmikan Presiden Jokowi (Dok. PUPR)
Bendungan Margatiga di Lampung, Bendungan ke-44 yang Diresmikan Presiden Jokowi (Dok. PUPR)

Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (26/08/2024). 

Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi juga didampingi oleh PJ Gubernur Lampung Samsudin, Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo, Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho, dan Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi. 

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Margatiga merupakan bendungan ke-44 yang telah diresmikannya dalam periode 10 tahun pemerintahan Kabinet Indonesia Maju. 

“Kita harapkan Bendungan (Margatiga) yang merupakan bendungan ke-44 yang saya resmikan dalam 10 tahun terakhir ini dapat betul-betul bisa berfungsi dengan baik untuk irigasi, air baku, listrik dan reduksi banjir di hilir bendungan. Dan kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan bendungan ini bisa naik dengan signifikan,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, air sangat penting bagi kehidupan dan memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, manajemen pengelolaan sumber daya air di seluruh provinsi di Indonesia akan menjadi fokus pemerintah.