Logo Bloomberg Technoz

Kementerian PUPR Dorong Digitalisasi Perumahan, Ini Tujuannya


Kementerian PUPR Dorong Digitalisasi Perumahan Guna Tingkatkan Keamanan, Keselamatan dan Kenyamanan Pengelolaan Perumahan (Dok. PUPR)
Kementerian PUPR Dorong Digitalisasi Perumahan Guna Tingkatkan Keamanan, Keselamatan dan Kenyamanan Pengelolaan Perumahan (Dok. PUPR)

Jakarta - Setelah melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke makam Bung Hatta, rangkaian acara peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2024 dilanjutkan dengan Proptech Convention and Expo di Auditorium Kementerian PUPR, Jumat (23/8).

Pada tahun ini Hapernas mengusung tema “Digitalisasi Perumahan” sebagai bentuk penerapan teknologi digital pada sektor perumahan guna meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan dalam pengelolaan perumahan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan penggunaan teknologi digital dapat mendorong keamanan, kenyamanan dan keselamatan yang merupakan prinsip dasar untuk pembangunan properti. 

“Keamanan salah satunya dengan bangunan tahan gempa yang harus bisa diaplikasikan di pembangunan properti di seluruh Indonesia. Keselamatan dapat dilakukan dengan teknologi di mana bisa memonitor rumah dari jarak jauh, contohnya rumah dinas saya di IKN yang bisa dimonitor dari sini. Sementara untuk kenyamanan lansekap dan lingkungan harus diperhatikan,” kata Menteri Basuki.

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan di samping meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan penggunaan teknologi digital juga dapat membantu penyediaan perumahan yang tepat sasaran. “Kami ingin memperkuat ketepatan sasaran bantuan perumahan dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada. Dengan teknologi digital kita bisa detailkan sehingga fokus sasaran lebih tepat. Ke depannya kita juga akan meningkatkan kualitas perumahan terutama menerapkan rumah tahan gempa dan green building,” ucap Iwan.