Logo Bloomberg Technoz

Sindir Anies, Megawati Syaratkan Calon Kepala Daerah Gabung PDIP

Muhammad Fikri
26 August 2024 16:05

Ilustrasi Anies Baswedan Gabung PDIP (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Anies Baswedan Gabung PDIP (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Ketum PDIP), Megawati Soekarnoputri memberikan isyarat mengajukan syarat khusus kepada sejumlah calon pada Pilkada 2024; terutama yang bukan kader PDIP.

Megawati mengatakan, butuh sikap dan keputusan yang konsisten dari para calon yang ingin mendapat tiket dari PDIP untuk maju pada Pilkada 2024. Dia menilai janggal pada sejumlah calon non partai yang ingin mendapat dukungan namun tak mau bergabung dengan PDIP.

"Terus maju maunya seperti apa? [calon] Independen? [Kalau demikian] ya cari lah [jalur] Independen," kata Megawati di DPP PDIP, Senin (26/8/2024).

Saat ini, setidaknya ada dua calon kepala daerah pada Pilkada strategis tingkat provinsi yang bukan berasal dari internal PDIP. Keduanya adalah Airin Rachmi Diany yang maju sebagai cagub Pilkada Banten; dan Anies Baswedan yang berpotensi maju sebagai cagub Pilkada DKI Jakarta.

“Ya, konsisten saja. Kalau mau jadi [calon kepala daerah], masuk PDI Perjuangan. Jadi dengan namanya lahir batin tuh roh-nya, roh PDI Perjuangan,” kata Megawati.