Logo Bloomberg Technoz

Airin Dilarang Pakai Atribut Golkar di Pilkada Banten

Mis Fransiska Dewi
26 August 2024 16:20

Ilustrasi Airin Rachmy Diany (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Airin Rachmy Diany (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar melarang kadernya Airin Rachmi Diany menggunakan atribut partai berlambang pohon beringin selama Pilkada Banten. Pada kontestasi politik tersebut, Airin memang berseberangan dengan keputusan Partai Golkar yang lebih memilih bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

“Golkar punya aturan bahwa yang bisa menggunakan atribut-atribut partai di dalam kampanye, di dalam sosialisasi itu adalah pasangan calon yang memang diberikan dukungannya secara formal,” kata Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senin (26/8/2024). 

“Karena memang Golkar sudah memberikan dukungan resmi tadi malam diserahkan oleh [ketua umum] Bahlil Lahadalia dan DPP [Partai Golkar] itu ke Pak Andra Soni dan Pak Dimyati.”

Dia mengklaim, secara pribadi, telah memberikan pertimbangan kepada Bahlil untuk tak memberikan sanksi kepada Airin yang ngotot mengajukan diri pada Pilkada Banten. Dia menilai, mantan wali kota Tangerang Selatan tersebut tak melanggar aturan Partai Golkar sejauh tak memakai atribusi partai selama kampanye di Pilkada Banten.

Toh, kata dia, Airin seperti seluruh warga negara Indonesia memiliki hak untuk memilih dan dipilih pada sebuah kontestasi politik.