Logo Bloomberg Technoz

Medco Incar Akuisisi Baru Usai Lepas Aset Migas di Libya-Vietnam

Sultan Ibnu Affan
26 August 2024 15:50

Kilang milik Medco (Dok medcoenergi.com)
Kilang milik Medco (Dok medcoenergi.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) kembali melirik peluang akuisisi aset minyak dan gas bumi (migas) di kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah, setelah melakukan divestasi asetnya di Vietnam dan Libya belum lama ini.

Direktur dan Chief Operating Officer Medco Ronald Gunawan menyebut kawasan Asia Tenggara —khususnya Indonesia — dan Timur Tengah masih diincar lantaran wilayah geografisnya lebih memungkinkan bagi ekspansi Medco.

Kenapa kami memilih di area itu? Karena negara-negara di area ini adalah negara yang stabil, di mana regulasinya kami familier, dan kami merasa kami sudah punya pengalaman beroperasi di wilayah tersebut,” ujarnya dalam paparan publik, Senin (26/8/2024).

 “Jadi kami juga ingin menunjukkan bahwa selain akuisisi, kami juga melakukan pengembangan dengan pertumbuhan yang organik.” 

Fasilitas pembangkit gas milik PT Medco Energy Internasional Tbk. di Blok Corridor, Sumatra Selatan./dok. Medco

Di luar potensi akuisisi aset migas, Ronald memaparkan saat ini Medco masih fokus pada pengembangan beberapa proyek hulu di Lapangan West Belut, yang terletak di offshore Blok B Laut Natuna Selatan.