Logo Bloomberg Technoz

Momentum kucuran dana yang lambat ini menambah spekulasi bahwa Trump masih jauh dari posisi untuk nominasi Partai Republik. Angka-angka tersebut adalah yang pertama dirilis sejak penantang Trump lainnya ikut serta, termasuk Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley dan pengusaha biotek Vivek Ramaswamy. Senator South Carolina Tim Scott juga mempersiapkan penjajakan pencalonan sebagai presiden bulan ini.

Para pendukung Trump berharap 34 dakwaan yang diajukan terhadap Trump oleh Jaksa Wilayah Manhattan Alvin Bragg akan membantu mendorong kampanyenya dan memperkuat dukungan. Tuduhan tersebut terkait dengan dugaan pembayaran uang tutup mulut, termasuk kepada bintang porno Stormy Daniels. Trump mengaku tidak bersalah dan mengatakan kasus itu bermotif politik.

Dakwaan tersebut, yang pertama dalam sejarah mantan presiden AS, memicu simpati basis donor Trump. Sebelum diumumkan, dia berusaha mengumpulkan uang dari spekulasi, beberapa didorong oleh postingannya di Truth Social, bahwa Bragg akan mengajukan tuntutan terhadapnya.

Trump pun sebelumnya mengumumkan penangkapannya akan segera terjadi pada 18 Maret, dan kerap mengutip ketidakadilan untuk meraih simpati.

Dalam dokumen terpisah yang dirilis Jumat, Trump mengatakan bisnisnya bernilai minimal US$1,2 miliar.

--Dengan asistensi Mark Niquette dan Laura Davison.

(bbn)

No more pages