Logo Bloomberg Technoz

Diterpa Kasus Hukum, Trump Berhasil Galang Dana Rp 227,5 M

News
17 April 2023 10:19

Donald Trump di Mar-a-Lago Club, Palm Beach, Florida, usai sidang pada 4 April (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump di Mar-a-Lago Club, Palm Beach, Florida, usai sidang pada 4 April (Sumber: Bloomberg)

Bill Allison - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump telah berhasil menggalang dana sebesar US$ 15,4 juta (Rp 227,5 miliar) sejak ia didakwa di Manhattan. Hal ini menurut tim kampanyenya didorong oleh lonjakan dari para donor kecil.

Sekadar informasi, di Amerika Serikat (AS) dakwaan terhadap seorang mantan presiden ini belum pernah terjadi sebelumnya dan pertama kalinya adalah pada Trump.

Hampir 98% donasi sejak Trump didakwa pada 30 Maret lalu berasal dari donatur yang memberikan kurang dari US$ 200, dan 24% berasal dari para pendukung pertama kali Trump, yang telah mengumpulkan dana sejak pertama kali menjadi kandidat pada tahun 2015. Rata-rata donasinya pada periode tersebut kurang dari US$50.

Lonjakan tersebut mengikuti awal yang mengecewakan pada penggalangan dana Trump. Dia mengumpulkan total US$18,8 juta pada kuartal pertama, termasuk US$4 juta yang muncul sehari setelah dewan juri mendakwa mantan presiden itu pada 30 Maret. Angka itu kurang dari US$20,4 juta yang dia kumpulkan pada kuartal keempat tahun 2022, yang termasuk US$9,5 juta setelah dia mengumumkan pencalonan ketiganya sebagai presiden AS pada 15 November lalu.