Logo Bloomberg Technoz

Andika-Hendi Daftar Pilkada Jawa Tengah, Hanya  Diusung PDIP

Redaksi
27 August 2024 15:30

Andika Perkasa (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)
Andika Perkasa (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi atau Hendi menjadi pasangan calon pertama yang mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah. Keduanya hadir sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah.

Andika dan Hendi hadir dengan mengenakan pakaian senada yaitu kemeja putih dan celana panjang warna hitam. Sebagai aksen, keduanya juga mengenakan selempang motif batik warna coklat yang dikalungkan.

Ketua KPUD Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono mengatakan, berdasarkan berkas dan informasi yang diterima, Andika-Hendi adalah pasangan calon yang diusung partai tunggal, yaitu PDIP. Mereka pun hanya perlu melakukan verifikasi berkas B1 KWK dari PDIP sebelum menerima pendaftaran Andika-Hendi.

"Berdasarkan pemeriksaan, pendaftaran dinyatakan diterima," kata Handi di Kantor KPUD Jawa Tengah, Selasa (27/8/2024).

Menurut dia, pencalonan Andika-Hendi dinyatakan sah meski hanya diajukan oleh satu partai politik. Berdasarkan hasil Pileg 2024, PDIP tercatat mendapat dukungan dari 5.270.261 pemilih.