Logo Bloomberg Technoz

Rilis iPhone 16 Bisa Dongkrak Pendapatan Apple Jadi Rp1.990 T

Redaksi
26 August 2024 14:00

IPhone produk smartphone Apple Inc. (Bloomberg)
IPhone produk smartphone Apple Inc. (Bloomberg)

Bloomberg, 10 September 2024 menjadi pilihan tanggal Apple Inc meluncurkan iPhone 16 menurut kabar beredar dengan perusahaan bakal menghadirkan ukuran layar lebih besar untuk model Pro dan peningkatan fitur kamera foto secara signifikan. Para analis memperkirakan bahwa pendapatan Apple bisa naik 7% menjadi US$128,4 miliar (sekitar Rp1.990 triliun) pada periode tersebut. Dengan hadirnya iPhone 16 kurang dari satu bulan lagi maka beberapa produk bakal discontinue dari Apple Store, dilansir dari 9to5mac.

Tombol akan diperbaharui selain memperkenalkan resmi Apple Intelligence, layanan kecerdasan buatan (AI) pada sebuah perangkat smartphone dari perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu. Namun secara umum model iPhone 16 tidak banyak berubah dari edisi tahun 2023, menurut orang yang dekat dengan informasi ini, dilansir dari Bloomberg News, Senin (26/8/2024).

iPhone 16 dan dua perangkat lain dinanti di tengah penjualan smartphone Apple yang anjlok. Peluncuran iPhone 16 pada 20 September akan berarti sebagian dari pendapatan perangkat tersebut akan dicatat pada periode saat ini - kuartal keempat fiskal Apple - ketika perusahaan memperkirakan penjualan akan tumbuh sekitar 5% dari tahun sebelumnya, ditulis Marc Gurman dari Bloomberg. Sebagian besar penjualan akan terjadi pada kuartal berikutnya, yang bertepatan dengan musim liburan. 

iPhone selama ini menjadi perangkat yang menjadi tulang punggung penjualan Apple. Rilis akan diikuti dengan peresmian penjualan perdana mulai 20 September, sebuah periode ‘sakral’ bagi Apple dalam peluncuran iPhone dalam beberapa tahun terakhir.

Berbagai sumber ini menyebutkan rencana tersebut bersifat pribadi dan memang belum diumumkan, dengan Apple tengah bersiap menghadapi acara rilis tersebut. Pihak Apple yang berbasis menolak berkomentar.