Logo Bloomberg Technoz

PDIP Usung Andika Perkasa di Pilkada Jateng dan Airin di Banten

Muhammad Fikri
26 August 2024 14:20

Andika Perkasa (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)
Andika Perkasa (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan jagoannya di 25 pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat provinsi. Hari ini, pada batch ketiga, PDIP mengumumkan calon kepala daerahnya di enam provinsi.

PDIP mengajukan pasangan calon yang keduanya berasal dari internal partai. Mereka adalah mantan Panglima TNI, Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa; dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah, Hendrar Prihadi.

"Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi," kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Senin (26/8/2024).

Selain Jawa Tengah, satu provinsi strategis lainnya adalah Pilkada Banten. Pada kontestasi politik di wilayah ini, PDIP bahkan mengusung calon gubernur yang sebenarnya berpotensi tak mendapat tiket dari partai politiknya sendiri. Dia adalah mantan wali kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Airlangga Hartarto, saat masih menjadi ketua umum Partai Golkar, memastikan Airin akan menjadi cagub pada Pilkada Banten. Keputusan ini membuat Koalisi Indonesia Maju (KIM) berpotensi terpecah pada Pilkada Banten karena koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 ini tetap membuat koalisi gemuk untuk mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusuma.