Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Pamer Senjata Baru, Kembangkan Drone Bunuh Diri & AI

News
26 August 2024 12:00

Kim Jong Un. (Dok: Bloomberg)
Kim Jong Un. (Dok: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) telah memperkenalkan drone serangan bunuh diri baru. Sementara itu, Kim Jong Un menyerukan peningkatan penggunaan teknologi untuk melakukan serangan dan memasukkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke dalam program senjata.

“Kim Jong Un mengatakan perlu mengembangkan dan memproduksi lebih banyak drone bunuh diri dari berbagai jenis untuk digunakan dalam unit infanteri taktis dan operasi khusus,” lapor Korean Central News Agency pada Senin (26/08/2024).

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah Korea Utara menunjukkan sebuah drone diluncurkan ke udara, terbang ke bagian atas sebuah tank, yang kemudian terlihat terbakar. Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) mengatakan ini adalah pertama kalinya Korea Utara memperkenalkan drone serangan bunuh diri.

Meskipun tingkat kendaraan udara tak berawak Korea Utara dan kemampuannya untuk menggunakan kecerdasan buatan mungkin dipertanyakan, Kim telah menjadikan pengembangan drone untuk digunakan di udara dan di laut sebagai prioritas utama.