Logo Bloomberg Technoz

Apa itu Aplikasi Telegram, yang Kini Banyak Disorot

News
26 August 2024 10:23

Aplikasi pesan singkat Telegram. (Bloomberg)
Aplikasi pesan singkat Telegram. (Bloomberg)

Eleanor Thornber dan Jeff Stone - Bloomberg News

Bloomberg, Baik itu menyebarkan teori konspirasi atau mengatur kerusuhan, aplikasi pesan Telegram telah menjadi fokus aktivitas ekstremis online. Layanan yang dimulai pada 2013 ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Pengaturan obrolan privasinya telah menjadikan Telegram ruang bebas untuk diskusi terbuka di negara-negara dengan rezim otoriter. Namun, pendekatan yang relatif ringan terhadap moderasi konten berarti Telegram kini menjadi sasaran utama pemerintah yang mencoba menghentikan aktivitas kriminal dan penyebaran informasi palsu yang dapat mengganggu stabilitas masyarakat.

Pada 24 Agustus, pihak berwenang Prancis menangkap CEO Pavel Durov atas dugaan kegagalan mengambil langkah-langkah untuk mencegah penggunaan Telegram secara kriminal. Belum ada penjelasan publik untuk penangkapan tersebut. Perusahaan mengeluarkan pernyataan bahwa mereka mematuhi hukum Eropa.

Apa itu Telegram?

Ini adalah layanan obrolan berbasis teks yang terlihat dan terasa seperti WhatsApp, dengan fitur tambahan yang mirip dengan yang Anda temukan di X atau Facebook. Obrolan Telegram digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia sebagai alat komunikasi sehari-hari yang sederhana.