Logo Bloomberg Technoz

PBOC Tahan Suku Bunga usai Peringatan atas Reli Obligasi

News
26 August 2024 09:50

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral China mempertahankan suku bunga utama tidak berubah, yang dapat meredam reli obligasi karena tetap bersabar dalam mendukung perekonomian.

People’s Bank of China (PBOC) mempertahankan suku bunga pinjaman kebijakan satu tahunnya, atau fasilitas pinjaman jangka menengah (medium-term lending facility/MLF), pada 2,3%, setelah memangkas suku bunga sebesar 20 basis poin pada bulan Juli. Sementara itu, bank sentral menarik 101 miliar yuan secara bersih dari sistem perbankan bulan ini, karena 401 miliar yuan dari pinjaman tersebut berakhir pada 15 Agustus.

Penarikan bersih ini "menunjukkan bahwa PBOC menjaga likuiditas yang cukup memadai dan seimbang serta mencegah likuiditas yang berlebihan untuk mengekang kenaikan obligasi," kata Bruce Pang, kepala ekonom untuk Greater China di Jones Lang LaSalle Inc.

Keputusan ini menggarisbawahi pendekatan hati-hati Beijing dalam mendukung perekonomian, bahkan ketika China melaporkan kontraksi yang langka dalam pinjaman bank di tengah permintaan yang lemah. PBOC telah berjalan di garis tipis antara menstimulasi pertumbuhan dan mendinginkan pembelian obligasi pemerintah untuk membatasi risiko keuangan dalam beberapa bulan terakhir.

Grafik suku bunga PBOC. (Sumber: Bloomberg)