Logo Bloomberg Technoz

Cegah Mpox, Singapura Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Bandara

Sellita
26 August 2024 09:40

Ilustrasi Bandara Changi di Singapura. (Nicky Loh/Bloomberg)
Ilustrasi Bandara Changi di Singapura. (Nicky Loh/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kasus cacar monyet atau Monkey Pox (Mpox) meningkat di beberapa negara. Pemerintah Singapura pun mulai memperketat dan memberlakukan pemeriksaan kesehatan di bandara hingga pelabuhan.

Dilaporkan Reuters, menurut Kementerian Kesehatan Singapura, langkah pencegahan dimulai sejak Jumat (23/8/2024), mereka akan memeriksa suhu para pelancong yang tiba di bandara Changi dan Seletar dari tempat-tempat yang terpapar risiko wabah mpox.

Langkah ini dilakukan Singapura setelah beberapa negara Asia dan ASEAN sudah menemukan kasus baru Mpox di negara mereka. Selain itu, WHO juga menetapkan Mpox sebagai darurat kesehatan global.

Kementerian Kesehatan Singapura melaporkan telah mendeteksi 13 kasus Mpox dalam dua tahun terakhir. Hingga saat ini, semua infeksi mpox di negara kota tersebut adalah infeksi Klade 2 yang "kurang parah," tambahnya.

Mpox Sampai di Thailand (Diolah)

Sebelumnya pada hari Kamis, Thailand mengonfirmasi bahwa kasus mpox yang dilaporkan minggu ini adalah strain Klade 1b dari virus tersebut, kasus kedua yang dikonfirmasi dari varian ini di luar Afrika.