Logo Bloomberg Technoz

Euforia Sinyal Powell akan Tarik Dana Asing Masuk Lebih Deras

Ruisa Khoiriyah
26 August 2024 09:10

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar keuangan Indonesia bersiap menikmati limpahan euforia pasca pernyataan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell yang memastikan akan memangkas bunga acuan dalam waktu dekat.

Arus masuk modal asing kemungkinan akan semakin melejit setelah dalam beberapa pekan ini pemodal global terus membukukan aksi beli baik di pasar saham maupun obligasi.

Beberapa bank investasi asing sudah menyorotkan lampu ke aset-aset pasar domestik, termasuk surat utang negara yang dinilai sangat menarik jadi pilihan di tengah pembalikan sentimen pasar menjadi bullish.

Goldman Sachs, bank investasi besar asal AS, menilai, beberapa surat utang di pasar Asia yang berperingkat investment grade menawarkan selisih imbal hasil yang menarik yang memungkinkan para investor mengunci yield di level tinggi.

"Kami melihat kenaikan spread pada obligasi jangka panjang dari beberapa surat utang investment grade di Asia sebagai hal menarik, seperti obligasi korporasi berperingkat investment grade dari Indonesia," kata Kenneth Ho, Credit Strategist Goldman Sachs dan analyst Sandra Yeung dalam laporan yang dilansir oleh Bloomberg News.