Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Dunia Dekati Rekor, Emas Antam Tidak Bergerak

Ruisa Khoiriyah
26 August 2024 08:50

Karyawati memperlihatkan emas logam mulia Antam di Butik Emas ANTAM, Jakarta, Selasa (16/72024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawati memperlihatkan emas logam mulia Antam di Butik Emas ANTAM, Jakarta, Selasa (16/72024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas berkibar berkat pernyataan gamblang Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pekan lalu menandai akan dimulainya siklus penurunan bunga global. Namun, lonjakan harga emas dunia itu nyatanya tidak otomatis mengungkit banderol emas produksi PT Aneka Tambang Tbk hari ini.

Mengacu pada data yang dilansir oleh Divisi Logam Mulia Antam Senin hari ini, harga emas batangan yang dijual oleh Antam tidak berubah yakni masih di level Rp1.420.000 per gram. Level harga itu sama dengan harga hari Sabtu lalu. 

Sementara harga pembelian kembali oleh Antam, buyback price, juga tidak berubah, masih di Rp1.267.000 per gram.

Harga emas Antam yang anteng itu sepertinya dipengaruhi oleh penguatan nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Alhasil, lonjakan harga emas di pasar dunia, tidak serta merta membuat harga emas lokal ikut terungkit naik.

Mengacu data Bloomberg, harga emas dunia masih belum menjebol rekor baru meski pernyataan Powell menjadi kabar sangat baik bagi emas.

Artikel Terkait