Logo Bloomberg Technoz

Jepang Siaga Topan Shanshan, Kerugian Diprediksi Capai Rp154 T

News
26 August 2024 08:10

Ilustrasi badai. (Christian Monterrosa/Bloomberg)
Ilustrasi badai. (Christian Monterrosa/Bloomberg)

Brian K. Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Shanshan diperkirakan akan menghantam Jepang barat pada Rabu (28/08/2024), yang dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian hingga US$10 miliar (atau setara Rp154 triliun) akibat angin, gelombang badai, dan banjir.

Shanshan berada pada 590 mil selatan Kochi, Jepang dengan kecepatan angin tertinggi 80 mil per jam, menjadikannya badai Kategori 1 pada skala lima langkah Saffir-Simpson AS, kata Pusat Peringatan Topan Gabungan AS. Badan Meteorologi Jepang mengatakan topan ini diperkirakan akan menjadi topan yang sangat kuat atau badai Kategori 3 saat mendekati pantai Jepang akhir pekan ini.

Topan ini akan membawa gelombang badai yang dahsyat ke mana pun ia melanda, tetapi ancaman utamanya mungkin adalah hujan yang dapat menyebabkan banjir, yang akan membasahi wilayah luas di Jepang barat dan garis pantainya yang menghadap selatan.

Shanshan kemungkinan akan mendarat di Shikoku lalu menyeberang ke Honshu selatan yang dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian sebesar US$6 miliar hingga US$10 miliar, kata Chuck Watson, seorang pemodel bencana dengan Enki Research, pada Minggu (25/08/2024).