Logo Bloomberg Technoz

Presiden Jokowi ‘Jualan’ Hilirisasi, Ajak Investor Asing Masuk RI

Whery Enggo Prayogi
17 April 2023 09:06

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kalimantan Utara, (Tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kalimantan Utara, (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saat menghadiri pameran teknologi industri Hannover Messe 2023, di Jerman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang investor asing untuk terlibat dalam proyek hilirisasi yang sedang berlangsung di Indonesia.

“Indonesia tidak sedang menutup diri, justru kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilir di Indonesia,” ucap Jokowi dalam keterangan resmi dikutip dari laman Sekretaris Kabinet RI, Senin (17/4/2023).

Diketahui Indonesia telah memiliki peta jalan hilirisasi dengan proyeksi nilai investasi sebesar US$545,3 miliar. Peluang ini sangat besar dan menguntungkan, ditegaskan Jokowi.

Proyek hilirisasi ini  akan berjalan sampai dengan 2040. Terdapat 21 komoditas yang masuk dalam rencangan investasi ini.

Hilirisasi, lanjut Jokowi, diiringi dengan pengembangan perbaikan lingkungan dalam rangka transisi energi. “Laju deforestasi turun signifikan dan terendah 20 tahun terakhir, kebakaran hutan turun 88 persen, rehabilitasi hutan 600 ribu hektare hutan mangrove yang akan selesai direhabilitasi di tahun 2024, terluas di dunia, juga dibangun 30 ribu hektare kawasan industri hijau,” cerita Jokowi.