Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Dekati Rekor Tertinggi Setelah Pidato Powell

News
26 August 2024 07:40

Ilustrasi Harga Emas Dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Harga Emas Dunia. (Dok: Bloomberg)

Sybilla Gross - Bloomberg News

Bloomberg, Harga emas stabil mendekati rekor tertinggi setelah Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell menegaskan ekspektasi bahwa bank sentral akan mulai memangkas suku bunga bulan depan.

Logam mulia tersebut diperdagangkan dekat US$2,510 per ons setelah naik 1,1% pada Jumat (23/08/2024). Powell mengatakan "waktunya telah tiba" untuk beralih ke pelonggaran moneter di Jackson Hole, Wyoming pekan lalu dan juga menegaskan niatnya untuk mencegah pendinginan lebih lanjut dalam pasar tenaga kerja AS. Biaya pinjaman yang lebih rendah biasanya meningkatkan daya tarik emas, yang tidak membayar bunga, relatif terhadap obligasi pemerintah.

Logam mulia tersebut telah melonjak lebih dari 20% tahun ini dalam reli yang kuat yang sebagian didorong oleh optimisme bahwa The Fed semakin dekat dengan pivot yang sangat dinanti-nantikan. Permintaan safe-haven karena meningkatnya risiko geopolitik dan ketidakpastian menjelang pemilu AS pada November telah menambah optimisme, serta pembelian dari bank sentral dan konsumen Asia.

Harga emas spot stabil pada US$2,515,12 pada pukul 7:40 pagi di Singapura setelah menyentuh rekor tertinggi US$2,531,75 minggu lalu. Bloomberg Dollar Spot Index datar, setelah turun 1,2% minggu lalu. Perak sedikit berubah, sementara platinum dan paladium turun.

Grafik harga emas. (Sumber: Bloomberg)