Logo Bloomberg Technoz

Kalender Sepekan: Inflasi PCE, PDB Amerika & Pendaftaran Pilkada

Ruisa Khoiriyah
26 August 2024 08:00

Sinyal kuat Powell di Jackson Hole menandai berakhirnya era bunga tinggi (Bloomberg)
Sinyal kuat Powell di Jackson Hole menandai berakhirnya era bunga tinggi (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalender ekonomi pekan ini banyak berisi jadwal rilis data-data penting yang dibutuhkan para pelaku pasar di seluruh dunia untuk meramu strategi lebih paten, pasca pernyataan terang benderang Gubernur Federal Reserve Jerome Powell di Jackson Hole yang memantik pesta besar di pasar.

Pekan ini, Amerika Serikat (AS) akan melaporkan data konsumsi dan belanja pribadi, di mana salah satu data penting yang ditunggu adalah angka inflasi favorit The Fed dalam menyusun kebijakan moneter, yaitu inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE).

Data itu mungkin akan semakin menguatkan sinyal Powell yang menyatakan, 'waktunya telah tiba bagi penyesuaian suku bunga', sebuah statemen paling jelas yang pernah dilansir oleh kepala The Fed sejak dimulainya spekulasi penurunan bunga acuan bank sentral paling berpengaruh.

Sedangkan dari Asia, pemodal akan menunggu data inflasi Tokyo setelah sinyal hawkish baru dari Bank of Japan pekan lalu kembali menguatkan yen Jepang, sesuatu yang sempat memicu aksi jual besar-besaran beberapa waktu lalu.

Keputusan bunga acuan People Bank of China (PBOC) juga akan dicermati pasar disusul oleh rilis data pertumbuhan ekonomi India, salah satu negara dengan ukuran ekonomi terbesar di dunia.