Logo Bloomberg Technoz

Gula

Data produksi gula mendatang di Brasil - pengekspor terbesar dunia - akan menentukan apakah pasar global tetap tercukupi pasokannya. Negara ini sedang berada di tengah-tengah panen tebu gulanya, dan sejauh ini laju produksi yang lebih kuat dari biasanya telah membantu menurunkan harga pemanis tersebut sebesar hampir 12% tahun ini. Namun, cuaca kering mengancam merusak hasil panen, dan para trader akan mencari petunjuk dalam laporan dari kelompok industri Unica yang dijadwalkan keluar minggu ini.

Panen gula Brasil. (Sumber: Bloomberg)

Minyak

Stok minyak mentah di kilang utama Cushing, Oklahoma, telah turun ke level terendah dalam enam bulan karena kilang di wilayah tersebut meningkatkan aktivitas setelah gangguan yang tidak terduga. Penurunan pengiriman minyak mentah dari Kanada, yang turun ke level terendah sejak April awal bulan ini, juga telah berkontribusi pada ketatnya pasokan di depot penyimpanan. Penurunan stok di Cushing telah membantu mendukung struktur backwardation bullish dalam kurva berjangka minyak mentah AS, dan selisih waktu (timespread) dapat naik lebih lanjut jika rangkaian penurunan terus berlanjut.

Grafik stok minyak. (Sumber: Bloomberg)

Produk Susu

Investigasi anti-subsidi China terhadap impor produk susu dari Uni Eropa minggu lalu menandai sengketa perdagangan terbaru. Penyelidikan tersebut menargetkan beberapa produk susu, termasuk keju segar dan olahan, menurut Kementerian Perdagangan China. Perkembangan terbaru menambah perselisihan perdagangan antara keduanya yang telah melihat barang-barang seperti kendaraan listrik dan daging babi terancam oleh kemungkinan tarif yang lebih tinggi. China adalah pasar ekspor terbesar kedua untuk produk susu UE.

Pasar ekspor produk susu UE. (Sumber: Bloomberg)

Teknologi Iklim

AS telah melampaui China sebagai pendukung utama teknologi yang bertujuan untuk mengatasi krisis iklim, menurut analisis terbaru dari BloombergNEF. Meskipun AS memimpin, sebagian besar karena kredit pajak dan insentif yang efektif, pendanaan untuk sektor ini turun hampir 50% secara global dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Secara keseluruhan, perusahaan teknologi iklim, yang mencakup kategori seperti kendaraan listrik, baterai, dan energi bersih, mengumpulkan US$22 miliar di seluruh dunia pada paruh pertama tahun ini.

Negara-negara pendukung utama teknologi iklim. (Sumber: Bloomberg)

(bbn)

No more pages