Logo Bloomberg Technoz

Pasukan Ukraina meluncurkan serangan mendadak ke wilayah Kursk Rusia bulan ini. Pada hari Sabtu, Zelenskiy mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk melindungi wilayah timur laut Sumy dan untuk menangkap tentara Rusia yang dapat digunakan untuk pertukaran tahanan perang.

Putin pada Sabtu malam menerima laporan dari setidaknya lima komandan yang terlibat dalam misi tempur di wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina, kata Kremlin pada hari Minggu.

Pasukan Ukraina mengklaim mengendalikan lebih dari 1.250 kilometer persegi (483 mil persegi) wilayah dalam serangan militer asing pertama di dalam Rusia sejak Perang Dunia II.

Dalam pembaruan operasional, kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya terus mengusir upaya Ukraina di beberapa permukiman di wilayah Kursk, dari mana ribuan penduduk telah mengungsi dalam beberapa minggu terakhir.

"Operasi pengintaian dan pencarian terus mengidentifikasi dan menghancurkan kelompok sabotase musuh di daerah berhutan yang berusaha menembus jauh ke dalam wilayah Rusia," kata kementerian.

Kremlin pada hari Sabtu merilis video pertemuan Putin dengan Valery Gerasimov, kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia. Tidak jelas kapan pertemuan itu berlangsung.

Intelijen Ukraina juga mengamati konsentrasi yang signifikan dari personel militer, artileri, dan pertahanan udara Belarusia di wilayah Gomel-nya dekat perbatasan utara Ukraina dengan kedok latihan militer, kata Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam pernyataan yang dikirim melalui email.

Ukraina mendesak Belarusia untuk menghindari "kesalahan tragis di bawah tekanan Moskow" dan menarik pasukan ke jarak yang tidak dapat dijangkau oleh sistem Belarusia.

(bbn)

No more pages