Logo Bloomberg Technoz

WHO: Mpox Bisa Distop, Tak Akan Jadi Pandemi Baru Seperti Covid

Mis Fransiska Dewi
25 August 2024 18:30

Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)
Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakar terkemuka Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyebut virus Monkeypox (Mpox) atau cacar monyet bukanlah "Covid baru" atau menjadi pandemi global karena pihak berwenang tahu cara mengendalikan penyebarannya. 

Meskipun ada kekhawatiran tentang varian baru virus tersebut, Direktur Regional Eropa WHO Hans Kluge mengatakan semua pihak bisa mengatasi Mpox, termasuk dengan memastikan vaksin dapat menjangkau daerah yang paling membutuhkan, serta dapat menghentikan siklus kepanikan dan pengabaian lainnya.

Kasus varian baru, Clade Ib, dikonfirmasi di Swedia dikaitkan dengan wabah yang berkembang di Afrika. Mpox telah menewaskan sedikitnya 450 orang di Republik Demokratik Kongo, bekas Zaire, dalam beberapa bulan terakhir.

Sejumlah ahli menyebut masih banyak yang harus dipelajari tentang varian baru tersebut karena kemungkinan menyebar lebih mudah serta menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Petugas membersihkan kamar mandi di pusat perawatan mpox Munigi di Nyiragongo, Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/8/2024). (Arlette Bashizi/Bloomberg)

Tidak ada kasus Clade Ib yang terlihat di Inggris, tetapi para ahli memperingatkan bahwa itu dapat menyebar kecuali tindakan internasional diambil.