Logo Bloomberg Technoz

Pengamat: Anies Lebih Cocok jadi Cagub dari PDIP Ketimbang Ahok

Mis Fransiska Dewi
25 August 2024 16:00

Anies Baswedan di kantor DPD PDI Perjuangan. (tim komunikasi Anies Baswedan).
Anies Baswedan di kantor DPD PDI Perjuangan. (tim komunikasi Anies Baswedan).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli menilai, Anies Baswedan lebih cocok diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi calon gubernur Jakarta dibanding kader PDIP lainnya seperti Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Hal ini lantaran elektabilitas Anies yang masih cukup tinggi di Jakarta. 

“Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang ambang batas partai atau gabungan partai diturunkan, Jika PDIP ingin melawan kandidat dari KIM Plus, saya kira Anies lawan yang seimbang,” kata Lili saat dihubungi, Minggu (25/8/2024). 

Anies baru saja mengunjungi Kantor DPD PDIP kemarin. Salah satu topik pembicaraannya yakni mengenai Pilkada. Namun, pembahasan soal Pilkada Jakarta antara Anies dan jajaran pengurus PDI-P di Kantor DPD PDIP Jakarta itu belum menghasilkan keputusan apa pun. Sebab, kepastiannya masih perlu menunggu sikap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Lili berpendapat, kedatangan Anies ke kantor DPP PDIP yakni agar bisa diusung oleh partai berlambang kepala banteng tersebut. 

“Karena Anies tidak mau maju jalur perseorangan. Oleh karena itu hanya lewat pintu PDIP Anies bisa maju sebagai calon gubernur. Kini bola ada di tangan PDIP dan tentu penentunya ibu Megawati,” tutur Lili.