Logo Bloomberg Technoz

Viral Avtur Luber Saat Lepas Landas, Garuda Beri Penjelasan

Pramesti Regita Cindy
24 August 2024 15:14

Ilustrasi Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Garuda Indonesia (GIAA) angkat bicara soal viral video beredar di media sosial yang menunjukkan salah satu pesawat mereka mengalami luapan di tangki bahan bakarnya di salah satu sisi pesawat. 

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menuturkan peristiwa ini diketahui ketika Pilot in Command (PIC) melakukan prosedur verifikasi jumlah bahan bakar avtur di dalam pesawat sebagai bagian dari rutinitas keselamatan sebelum penerbangan. 

"Setelah mengetahui adanya temuan tersebut yang juga didukung oleh laporan visual dari salah satu penumpang, maka dengan mengedepankan fokus aspek keselamatan dan safety, PIC segera mengambil keputusan untuk pesawat Return to Apron (RTA) guna melakukan inspeksi secara menyeluruh terkait temuan indikasi tumpahan atau luapan bahan bakar tersebut," jelas Irfan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/8/2024). 

Sebagai informasi, pesawat ini merupakan pesawat Garuda GA-174 untuk rute penerbangan Jakarta - Pekanbaru, yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 11.50 WIB dan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pada pukul 13.35 WIB. Pesawat tersebut dioperasikan dengan armada PK-GFW.

Adapun saat ini, lanjut Irfan pihaknya telah memastikan bahwa  sebanyak 135 penumpang yang berada di penerbangan GA-174 telah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti, yaitu PK-GMM, yang berangkat pada pukul 14.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada pukul 15.45 WIB.