Logo Bloomberg Technoz

Poin-Poin Penting dari Pidato Gubernur Fed Powell di Jackson Hole

News
24 August 2024 11:30

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Reade Pickert - Bloomberg News

Bloomberg, Berikut ini adalah poin-poin penting dari pidato Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell yang telah dipersiapkan pada simposium ekonomi Fed Kansas City pada Jumat: 

  • Komentar Powell memperkuat ekspektasi untuk penurunan suku bunga pada pertemuan bank sentral berikutnya pada 17-18 September. "Waktunya telah tiba bagi kebijakan untuk menyesuaikan diri," kata Powell "Arah perjalanan sudah jelas, dan waktu serta laju penurunan suku bunga akan bergantung pada data yang masuk, prospek yang berkembang, dan keseimbangan risiko." 
  • Gubernur The Fed mengatakan pendinginan pasar tenaga kerja "tidak salah lagi," dan menambahkan, "Kami tidak mencari atau menyambut baik pendinginan lebih lanjut dalam kondisi pasar tenaga kerja."
  • Powell juga mengatakan keyakinannya telah meningkat bahwa inflasi berada di "jalur yang berkelanjutan" kembali ke target Fed sebesar 2%.
    "Risiko kenaikan inflasi telah berkurang. Dan risiko penurunan terhadap ketenagakerjaan telah meningkat," katanya.
  • Powell menyatakan optimisme tentang kemampuan The Fed untuk mengarahkan ekonomi kembali ke inflasi 2% sambil mempertahankan "pasar tenaga kerja yang kuat." Dia mengatakan tingkat suku bunga saat ini memberi para pembuat kebijakan "ruang yang cukup untuk menanggapi risiko apa pun yang mungkin kita hadapi," termasuk pelemahan lebih lanjut di pasar kerja.
  • Pidato tersebut juga menganalisis lonjakan dan penurunan episode inflasi terbaru di negara itu dan reaksi The Fed terhadapnya, menguraikan kesalahan bank sentral yang pada awalnya meyakini bahwa kenaikan harga hanya bersifat sementara dan juga responsnya yang kuat.
  • Powell mengakhiri pidatonya dengan mengangguk pada tinjauan kerangka kerja The Fed yang akan datang. Ia menggarisbawahi perlunya fokus pada pelajaran yang dipetik dan "menerapkannya secara fleksibel pada tantangan-tantangan yang ada saat ini."