Logo Bloomberg Technoz

Dilaporkan bahwa DPR menunda pengesahan UU tersebut karena jumlah anggota DPR yang hadir hanya 89 orang atau kurang dari batas kuorum yaitu 50% plus satu atau minimal 261 orang. Meski begitu, tanggal pengesahan tidak disebutkan kapan akan digelar.

Selengkapnya klik di sini.

2. Taipan Inggris-Bos Morgan Stanley Tewas di Kapal yang Tenggelam

Jonathan Bloomer, ketua Morgan Stanley International dan mantan kepala eksekutif Prudential Plc. (Dok: Bloomberg)

Taipan teknologi asal Inggris Mike Lynch dan pimpinan Morgan Stanley International Jonathan Bloomer termasuk di antara para korban yang ditemukan tewas dalam kapal pesiar mewah yang tenggelam di lepas pantai Sisilia pada Senin (19/8/2024).

Kematian Lynch dikonfirmasi oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan langsung mengenai masalah ini yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. Bloomer dan istrinya, Judy, termasuk di antara para korban tewas, kata anak-anak mereka dalam pernyataannya pada Kamis (22/8/2024).

Mereka termasuk di antara lima orang yang telah ditemukan dari dalam kapal yang tenggelam. Satu orang masih hilang setelah kapal Bayesian dihantam tornado di dekat Porticello, Sisilia, pada Senin. Menambah kerumitan misi pencarian adalah "sempitnya ruang" di dalam kapal pesiar yang karam dan "adanya banyak objek," kata penjaga pantai.

Selengkapnya klik di sini.

3. Para Gubernur Bank Sentral Berbeda Pendapat Soal Arah Suku Bunga

Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Para gubernur bank sentral yang berkumpul minggu ini untuk salah satu forum ekonomi tahunan paling terkemuka di dunia akan lebih terpecah daripada saat-saat sebelum pandemi. Selama bertahun-tahun, penilaian di Federal Reserve, Bank Sentral Eropa, dan sejumlah bank sentral negara maju lainnya hampir sama.

Ketika guncangan Covid awal tahun 2020 melanda, mereka memangkas suku bunga dan memompa likuiditas. Dan ketika menjadi jelas bahwa serangan inflasi berikutnya tidak akan hilang dengan sendirinya, mereka menerapkan kampanye pengetatan paling agresif dalam beberapa dekade untuk melawannya.

Bahkan lebih dari setahun yang lalu, para kepala moneter berada di halaman yang sama di konferensi tahunan ECB di Sintra, Portugal--dalam melihat lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memadamkan inflasi.

Selengkapnya klik di sini.

4. Pelaku Cuci Uang Singapura Berlomba Tarik Nasabah Kaya China

Liu Kai, pelaku pencucian uang di Singapura. (Dok: Bloomberg)

Kurang dari dua tahun setelah lulus kuliah, Wang Qiming membuat gebrakan di Citibank Singapura dengan membawa jutaan deposito dari para nasabahnya yang kaya raya.

Di bank swasta Swiss, Julius Baer, di Singapura, Liu Kai sedang naik daun. Direktur eksekutif muda ini membuat iri para pesaingnya yang berusaha memenangkan lebih banyak bisnis dari nasabah kaya China, dan dia diburu oleh bank lain pada tahun 2022.

Kedua mantan manager perhubungan ini didakwa secara pidana pada Kamis lalu karena diduga memfasilitasi pergerakan dana ilegal oleh beberapa individu kelahiran China yang terlibat dalam kasus pencucian uang terbesar yang pernah terjadi di Singapura.

Selengkapnya klik di sini.

5. Cuaca Ekstrem Melanda Eropa, Peringatan Badai Petir Meluas

Pengunjung melihat ke luar jendela hotel saat Badai Debby menerjang daratan di Perry, Florida, AS, Senin (5/8/2024). (Christian Monterrosa/Bloomberg)

Peringatan badai petir berlaku untuk sejumlah wilayah di Eropa, dari Polandia dan Hungaria hingga Italia dan Yunani.

Ada peringatan oranye untuk Yunani utara, karena panas musim panas berganti dengan badai yang ganas dan risiko banjir. Serbia dan Kosovo menghadapi peringatan serupa, sementara sebagian besar Italia berada di bawah peringatan badai kuning.

Perubahan iklim meningkatkan frekuensi dan intensitas gelombang panas, memicu peristiwa cuaca ekstrem mulai dari badai yang ganas hingga kebakaran hutan. Saat Laut Mediterania menghangat - mencapai suhu rata-rata rekor minggu lalu - hal ini mempercepat badai di seluruh wilayah.

Selengkapnya klik di sini.

(red/ros)

No more pages