Logo Bloomberg Technoz

Powell: 'Waktunya Telah Tiba' bagi The Fed Pangkas Suku Bunga

News
24 August 2024 07:30

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Amara Omeokwe dan Jonnelle Marte - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Jerome Powell mengatakan telah tiba waktunya bagi Federal Reserve (The Fed) untuk memangkas suku bunga acuannya. Hal ini menegaskan ekspektasi bahwa para pejabat akan mulai menurunkan biaya pinjaman bulan depan dan memperjelas niatnya untuk mencegah pendinginan lebih lanjut di pasar tenaga kerja.

"Waktunya telah tiba bagi kebijakan untuk menyesuaikan diri," kata Powell pada Jumat (23/8/2024) dalam pidato di konferensi tahunan The Fed di Jackson Hole, Wyoming. "Arah perjalanan sudah jelas, dan waktu serta laju penurunan suku bunga akan bergantung pada data yang masuk, prospek yang berkembang, dan keseimbangan risiko."

Gubernur The Fed mengakui kemajuan terbaru pada inflasi, yang telah kembali moderat dalam beberapa bulan terakhir setelah terhenti di awal tahun ini. "Keyakinan saya telah tumbuh bahwa inflasi berada di jalur yang berkelanjutan kembali ke 2%," katanya, mengacu pada target inflasi bank sentral.

Imbal hasil obligasi turun dan indeks S&P 500 dari saham-saham Amerika Serikat naik sementara dolar menurun.