Logo Bloomberg Technoz

WHO: Vaksin Mpox di Afrika Penting demi Atasi Wabah Baru

News
23 August 2024 21:20

Petugas merawat pasien cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) di Nyiragongo, Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/8/2024). (Arlette Bashizi/Bloomberg)
Petugas merawat pasien cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) di Nyiragongo, Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/8/2024). (Arlette Bashizi/Bloomberg)

Janice Kew dan Lizzy Burden - Bloomberg News

Bloomberg, Ketua kelompok penasihat Afrika WHO mengatakan vaksin mpox atau cacar monyet sangat dibutuhkan untuk orang dewasa dan anak-anak di negara-negara Afrika yang paling terdampak, guna membatasi wabah baru secara internasional.

Kurangnya vaksin "bukan hanya bencana bagi individu yang sekarang akan terpapar penyakit yang seharusnya terlindungi, tetapi ini adalah masalah dalam hal menahan wabah," kata Helen Rees di Bloomberg Television pada Jumat (23/08/2024). "Salah satu hal yang dilakukan vaksin adalah - selain melindungi Anda sebagai individu - adalah menghentikan penularan."

Meskipun Afrika adalah satu-satunya benua di mana penyakit ini dinyatakan sebagai endemik, benua tersebut tidak menerima vaksin untuk virus ini pada 2022 saat penyakit menular tersebut menyebar di seluruh dunia dan masih gagal mendapatkan vaksin bahkan saat versi baru yang bermutasi menyebar.

Vaksin mpox akan tersedia di Republik Demokratik Kongo, tempat sebagian besar wabah terjadi, pada akhir minggu depan, kata Direktur Jenderal Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika Jean Kaseya pada Selasa.