Logo Bloomberg Technoz

Bisa Picu Komplikasi, Kenali Gejala Gondongan pada Anak

Dinda Decembria
23 August 2024 20:00

Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato)
Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Unit Kerja Koordinasi Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI, Anggraini Alam meminta para orang tua mewaspdai penyakit gondongan yang tengah merebak di sejumlah daerah, termasuk DKI Jakarta. Penyakit yang dipicu virus ini juga terdeteksi mampu menyebabkan komplikasi berbahaya pada anak.

Menurut dia, walau terlihat penyakit umum, gondongan ternyata bisa merusak kesuburan jika terkena pada anak laki-laki. Efek tersebut baru terlihat ketika penderita telah menginjakan usia dewasa.

"Kalau yang namanya anak cowok positif sampai ke kemaluannya. Kita takut ke depannya sulit punya anak," kata Anggraini dalam webinar, Jumat (23/8/2024).

"Selain itu juga bisa ke perut, ke pankreas yang menyebabkan muntah hebat, dehidrasi, kejang-kejang sampai ke otak. Itu komplikasi kecil dan sedikit sebenarnya gejala pada anak-anak."

Dia mengatakan, gejala gondongan pada anak mulai dari bengkak pada bagian wajah hingga demam. Sebagai pencegahan, dia meminta para orang tua memastikan pola hidup bersih dan sehat.