Logo Bloomberg Technoz

Pesawat Jatuh di Hutan Thailand, 9 Penumpang Diyakini Tewas

Delia Arnindita Larasati
23 August 2024 18:20

Ilustrasi penerbangan pesawat. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi penerbangan pesawat. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pesawat Cessna Caravan C208B dilaporkan jatuh 100 km tenggara Bangkok, Thailand 11 menit setelah kehilangan kontak dengan kontrol darat usai lepas landas. Tim penyelamat masih melakukan pencarian puing-puing dan jasad sembilan orang di dalam pesawat carteran yang jatuh di daerah berlumpur dan berhutan.

Dilaporkan Reuters, lima turis dari China dan empat orang Thailand, termasuk dua pilot, berada di dalam pesawat tersebut. Chonlatee Yongtrong, gubernur provinsi Chachoengsao yang menjadi lokasi kecelakaan mengatakan semua yang ada di pesawat tersebut telah dianggap tewas. Pihak berwenang masih terus menyelidiki penyebabnya.

"Kami menemukan banyak jasad manusia," kata gubernur kepada wartawan pada Kamis (22/08/2024) malam. Dia menambahkan, daerah berlumpur mempersulit tugas para pencari.

"Pesawat jatuh vertikal, jadi kami harus menggali 10 meter ke dalam tanah," lanjutnya.

Foto-foto dari lokasi menunjukkan puing-puing pesawat berserakan di area berhutan dan berawa, sementara tim penyelamat menggali dengan cangkul dan menggunakan pompa untuk mengeluarkan air dari beberapa area. Unit forensik kepolisian, di sisi lain, berusaha memulihkan dan menyusun kembali tubuh-tubuh yang berceceran.