Logo Bloomberg Technoz

Alternatif lain, kata dia, para dokterhanya bisa mengurangi gejala pada penyakit gondongan. Beberapa di antaranya dengan cara mengunyah bubble gum atau permen karet atau menelan hasil perasan jeruk nipis ke dalam tenggorokan.

"Kunyah biar liur banyak dan juga minum jeruk nipis minum. Keluarkan lidah, peras jeruk nipis, cukup satu tetes karena yang diperlukan hanya baunya. Agar air liur ingin keluar. Itu tata cara segera dan mengurangi nyeri karena sumbatan virus di kelenjar parotis," kata dia.

Dinkes DKI pun menyatakan, telah mengeluarkan imbauan terkait pencegahan dua penyakit ini di sejumlah sekolah.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Maryati Kasiman menjelaskan, tren HFMD DKI Jakarta baik bersumber data RS maupun Puskesmas saat ini justru mengalami penurunan setelah melewati puncak kasus pada bulan Mei 2024.

Disebutkan, total jumlah kasus suspek HFMD sampai Minggu 32 yang terlapor oleh Puskesmas sebanyak 890 kasus sedangkan RS sebanyak 502 kasus.

"Dari hasil pemeriksaan lab dari sampel suspek HFMD yang dikirim seluruhnya negatif,"kata Maryati kepada Bloomberg Technoz, Jumat (23/8).

Berikut sebaran kasus suspek berdasarkan wilayah: 

Jakarta Pusat: 83 kasus
Jakarta Utara: 112 kasus
Jakarta Barat: 131 kasus
Jakarta Selatan: 468 kasus
Jakarta Timur: 519 kasus

"Berdasarkan Kecamatan, jumlah kasus tertinggi basis Puskesmas dilaporkan oleh Kramatjati: 236 kasus dan basis RS tertinggi dilaporkan dari Kec. Duren Sawit sebanyak 57 kasus," kata dia.

(dec/frg)

No more pages