Logo Bloomberg Technoz

Sedangkan di pasar surat utang, yield Surat Berharga Negara (SBN) mayoritas membukukan penurunan, mengindikasikan ada permintaan atau aksi beli yang mengerek harganya.

Berdasarkan data Bloomberg sore ini, tercatat hanya tenor 1Y dan 3Y yang masih membukukan penurunan harga. Sementara SBN-5Y turun imbal hasilnya ke 6,540%, disusul oleh tenor 10Y yang terkikis ke 6,641%.

Kini, perhatian pasar kembali terarah ke Amerika Serikat (AS) di mana malam nanti waktu Indonesia, Gubernur The Fed Jerome Powell dijadwalkan berbicara di Jackson Hole Economic Symposium.

Bunga SRBI makin turun

Hari ini, Bank Indonesia juga menggelar lelang rutin Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) yang kembali mencatat penurunan bunga diskonto menjadi 7,18% untuk tenor 12 bulan.

Nilai permintaan yang masuk dalam lelang SRBI hari ini tercatat sekitar Rp24 triliun lebih kecil dibanding lelang sebelumnya di kisaran Rp32 triliun. Namun, pelaku pasar juga meminta bunga diskonto di kisaran 7,19%, lebih rendah dibandingkan lelang sebelumnya di 7,22%. 

Alhasil BI akhirnya memberikan bunga diskonto lebih rendah dalam lelang hari ini di tengah kembalinya arus modal asing masuk ke pasar domestik.

  

(rui)

No more pages