Logo Bloomberg Technoz

Gunung Berapi Islandia Meletus Lagi, Erupsi Keenam dalam Setahun

News
23 August 2024 17:00

Letusan gunung berapi di Islandia. (Sumber: Bloomberg)
Letusan gunung berapi di Islandia. (Sumber: Bloomberg)

Ragnhildur Sigurdardottir - Bloomberg News

Bloomberg, Letusan gunung berapi kembali terjadi di sebuah semenanjung yang berdekatan dengan ibu kota Islandia, Reykjavik, untuk keenam kalinya dalam waktu setahun.

Lava meletus ke permukaan pada pukul 9:26 malam waktu setempat pada Kamis (22/08/2024) dari celah yang sedang meluas ke utara, menurut Met Office. Celah tersebut, di utara kota perikanan Grindavik yang sebelumnya rusak, awalnya sekitar 1,4 kilometer panjangnya, kata pihak berwenang.

Skenario ini telah diantisipasi, dengan para ilmuwan memperingatkan selama beberapa minggu tentang aktivitas di daerah tersebut setelah terbangun dari tidur selama 800 tahun pada 2021. Kemungkinan akan ada lebih banyak lagi yang akan datang, dengan potensi untuk gejolak yang berlanjut selama 300 hingga 400 tahun mendatang, menurut Thor Thordarson, profesor vulkanologi dan petrologi di University of Iceland.

"Hal ini dapat terulang berulang kali selama beberapa bulan atau beberapa tahun mendatang," katanya melalui telepon. "Llebih banyak letusan dapat terjadi dalam peristiwa gejolak tertentu ini, yang telah berlangsung sejak 2021."