Logo Bloomberg Technoz

Beredar Video Presiden Rusia Putin Cium Alquran Berlapis Emas

Redaksi
23 August 2024 16:30

Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)
Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beredar video di dunia maya yang menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin mencium sebuah Alquran saat ia berkunjung ke Chechnya minggu ini. Putin bertemu dengan pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, yang kemudian mengunjungi masjid "Nabi Isa" yang baru saja dibangun di ibu kota, Grozny.

Melansir Express.co.uk, Jumat (23/8/2024), di sana, pemimpin Kremlin itu dihadiahi sebuah Alquran yang sampulnya berlapis emas. Ia tampak memegang Alquran tersebut, mengangkatnya, lalu menciumnya di depan sorotan kamera yang meliput kunjungannya.

Tujuan dari kunjungan tak terjadwal ke negara mayoritas Muslim itu adalah untuk mendorong para sukarelawan militer yang berlatih di sana sebelum dikirim ke garis depan Ukraina, ketika Rusia terus mengalami kekalahan yang mengerikan.

Meskipun Rusia tidak merilis angka-angka tentang masalah ini, para pejabat Barat meyakini bahwa 1.200 tentara Rusia terbunuh atau terluka setiap hari di Mei dan Juni, angka tertinggi sejak invasi Putin ke Ukraina dimulai pada Februari 2022.