Logo Bloomberg Technoz

Singapura Perketat Pemeriksaan di Perbatasan untuk Cegah Mpox

News
23 August 2024 14:10

Sebaran Kasus Cacar Monyet (Mpox) (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Sebaran Kasus Cacar Monyet (Mpox) (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Joanna Ossinger - Bloomberg News

Bloomberg, Singapura akan melakukan pemeriksaan gejala mpox atau cacar monyet di pos pemeriksaan perbatasan. Hal ini dilakukan sebagai langkah-langkah pencegahan terhadap virus tersebut setelah wabah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global.

Pemeriksaan suhu dan visual akan dimulai pada Jumat (23/08/2024) di bandara Changi dan Seletar di negara tersebut, serta pos pemeriksaan laut, untuk pelancong dan awak yang datang dari tempat-tempat di mana ada risiko wabah mpox, kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan. Pelancong yang mengalami demam, ruam, atau gejala yang sesuai dengan mpox akan dirujuk untuk pemeriksaan medis.

Negara-negara Asia seperti China, India, dan Pakistan telah meningkatkan pengawasan untuk mpox baru-baru ini. Thailand menjadi negara pertama di Asia yang mendeteksi jenis virus baru yang bermutasi, Clade IB.

Hingga Kamis, "13 kasus mpox yang dikonfirmasi telah terdeteksi tahun ini, semuanya merupakan infeksi Clade II yang kurang parah," kata Kementerian Kesehatan. Pihaknya menambahkan bahwa belum ada kasus Clade I yang terdeteksi di Singapura.