Logo Bloomberg Technoz

Gencarkan Fitur Belanja, YouTube Gandeng Shopify

Redaksi
23 August 2024 11:15

YouTube (Sumber: Bloomberg)
YouTube (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menghadirkan pembaruan fitur berbelanja dilakukan YouTube lewat perluasan kemitraannya dengan Shopify, di tengah konsep social commerce (bermedia sosial dan berbelanja dalam satu platform) makin digandrungi lewat hadirnya TikTok Shop.

Lini commerce YouTube tampak mulai didorong lebih maju demi menghasilkan  lebih banyak pendapatan di tengah perlambatan iklan digital. Hasilnya terjadi peningkatan 25% waktu menonton di YouTube untuk video terkait etalase belanja dibandingkan raihan tahun lalu yang lebih dari 30 miliar jam.

Program YouTube Shopping.

Bulan April lalu YouTube mengumumkan fitur "Shopping Collections" seperti program afiliasi TikTok Shop, yang yang memungkinkan konten kreator untuk mengkurasi barang  yang dapat dibeli, merencanakan video yang dapat dibeli dengan lebih baik, dengan cepat memonetisasi video yang sudah lama, dan masih banyak lagi.  

Menggandeng lebih erat Shopify merupakan jalan platform berbagi video milik Alphabet Inc ini menyegarkan kembali program afiliasi YouTube Shopping. Kemitraan terbaru membuat lebih banyak merek bergabung.

Kemitraan yang diperluas ini artinya para konten kreator akan mendapatkan akses ke ribuan merek, dan mempromosikan kembali ke masing-masing pengikut, mirip apa yang telah dilakukan oleh TikTok dan TikTok Shop.