Logo Bloomberg Technoz

Titah Bahlil di Sektor Minerba: Penyederhanaan Proses RKAB

Dovana Hasiana
23 August 2024 11:20

Tambang tembaga (Dok: Bloomberg)
Tambang tembaga (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, yang baru dilantik pada awal pekan ini, memberikan arahan untuk penyederhanaan proses Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Dadan mengatakan, penyederhanaan proses perizinan dan RKAB menjadi target Bahlil dalam sektor mineral dan batu bara (minerba), khususnya pada sisa masa jabatan 2 bulan terakhir di Kabinet Indonesia Maju.

“[Target 2 bulan ini] kalau yang saya tangkap ya melakukan penyederhanaan dari proses-proses di pemerintah, misalkan proses bagaimana perizinan RKAB, beliau [bahlil] concern ke sana,” ujar Dadan saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (23/8/2024).

Sebagai informasi, RKAB memang sempat menjadi sorotan. Macquarie Group Ltd memperingatkan pasar nikel global dapat secara mengejutkan berbalik mengalami defisit tahun ini, jika pertumbuhan produksi Indonesia terhambat oleh lambatnya persetujuan izin RKAB.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia usai serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Sementara, Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) Harwendro Adityo Dewanto menilai perusahaan timah nasional tidak serta-merta bisa memanfaatkan momentum kenaikan harga timah dunia untuk mendulang keuntungan.