Logo Bloomberg Technoz

Thailand Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet Jenis Mematikan

News
23 August 2024 11:10

Sebaran Kasus Cacar Monyet (Mpox) di RI (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Sebaran Kasus Cacar Monyet (Mpox) di RI (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Thomas Kutty Abraham dan Pathom Sangwongwanich - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand menjadi negara pertama di Asia yang mendeteksi jenis virus cacar moyet yang bermutasi, seiring dengan menyebarnya patogen ini ke lebih banyak wilayah setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah yang terjadi di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan global yang baru.

Pasien yang dinyatakan positif mengidap clade Ib adalah seorang laki-laki Eropa yang tiba di Bangkok pekan lalu dari Afrika, demikian menurut Departemen Pengendalian Penyakit di kementerian kesehatan Thailand.

Pihak berwenang telah mengidentifikasi 43 kontak dekat pasien berusia 66 tahun tersebut dan menempatkan mereka dalam pengawasan. Mereka akan dipantau untuk setiap gejala selama 21 hari dan diharuskan pergi ke rumah sakit jika mengalami demam, ruam atau pembengkakan kelenjar getah bening.

Pasien dengan penyakit dan gejala yang terkait dengan cacar monyet dirawat di rumah sakit pada 15 Agustus, sehari setelah kedatangannya di Bangkok. Tes laboratorium pada Kamis mengonfirmasi varian tersebut sebagai clade Ib dan Thailand akan melaporkan hasilnya ke WHO, kata kementerian itu dalam pernyataannya.