Logo Bloomberg Technoz

BOJ Masih Berencana Kerek Suku Bunga Jika Ekonomi Sesuai Prediksi

News
23 August 2024 10:20

Kazuo Ueda, Gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan). (Sumber foto: Bloomberg)
Kazuo Ueda, Gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan). (Sumber foto: Bloomberg)

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Bank of Japan (BOJ) masih berada di jalur menuju suku bunga yang lebih tinggi karena akan melepas kebijakan ultra-longgar selama bertahun-tahun asalkan inflasi dan data ekonomi terus berlanjut sesuai dengan perkiraannya, menurut Gubernur Kazuo Ueda.

"Jika kami dapat mengonfirmasi kepastian yang meningkat bahwa ekonomi dan harga-harga akan tetap sesuai dengan perkiraan, tidak ada perubahan pada pendirian kami bahwa kami akan terus menyesuaikan tingkat pelonggaran," kata Ueda menanggapi pertanyaan di parlemen pada Jumat (23/8/2024).

Ketika ditanya mengenai penurunan pasar yang terjadi pada awal bulan ini, Ueda mengutip kekhawatiran atas kondisi ekonomi AS sebagai katalis utama, dan menambahkan bahwa kekhawatiran yang "berlebihan" terkait ekonomi AS telah berkurang.

Namun, Ueda mengisyaratkan bahwa ia tidak berencana untuk terburu-buru dengan kenaikan suku bunga berikutnya karena ia menegaskan perlunya untuk secara hati-hati mengawasi dampak dari pasar keuangan yang tidak stabil terhadap prospek inflasi untuk saat ini.