Logo Bloomberg Technoz

Hujan Guyur Sebagian Wilayah Indonesia Sepekan Mendatang

Redaksi
23 August 2024 09:56

Hujan lebat di Hong Kong (Sumber: Bloomberg)
Hujan lebat di Hong Kong (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat petir atau angin kencang selama sepekan ke depan, yakni pada 23 - 28 Agustus 2024.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan saat ini wilayah selatan Indonesia, termasuk Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, masih mengalami musim kemarau dengan dominasi cuaca cerah hingga berawan.

Namun, terdapat peningkatan potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan, khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan utara, yang meliputi sebagian Sumatra bagian utara hingga tengah, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

"Peningkatan potensi hujan ini dipengaruhi oleh aktivitas fenomena cuaca global, berupa gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan Madden Julian Oscillation (MJO), daerah pertemuan dan perlambatan angin, serta labilitas atmosfer yang menciptakan kondisi udara labil dan meningkatkan potensi pembentukan awan hujan," ujarnya di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Guswanto menyebut, kondisi ini akan berlangsung hingga akhir Agustus. Maka itu, masyarakat diminta untuk waspada dan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai petir dan angin kencang.