Logo Bloomberg Technoz

Semalam, Wakil Ketua DPR-RI Sufmi Dasco menyatakan pengesahan RUU Pilkada tidak bisa dilakukan, dan parlemen menyerahkan pada KPU untuk mengeluarkan Aturan (PKPU) berdasarkan tafsiran MK.

Meski pernyataan itu terbit, sejumlah elemen masyarakat ditengarai masih akan berjaga-jaga mengantisipasi kemunculan akrobat lanjutan dari para elit politik. Dengan itu, tidak ada yang bisa memastikan apakah hari ini unjuk rasa tidak berlanjut lagi. Ketegangan masih tersisa. 

Analis Phintraco Sekuritas memaparkan, peningkatan suhu politik dalam negeri nampaknya turut memicu profit taking di pasar saham Indonesia pada perdagangan Kamis (22/8/2024) kemarin. 

“Meski data-data ekonomi domestik terbaru menunjukan kondisi yang masih relatif solid, namun meningkatnya risiko instabilitas politik domestik berpotensi membayangi outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia di Semester II-2024,” tulisnya.

Dari global, IHSG juga waspada akan pidato Powell di Jackson Hole pada Jumat waktu setempat. Powell diharapkan bisa memberikan petunjuk lebih lanjut tentang prospek kebijakan suku bunga acuan setelah risalah rapat FOMC Juli yang dirilis kemarin.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, tanda-tanda di pasar mencerminkan ekspektasi yang dipangkas pada penurunan suku bunga Federal Reserve yang agresif jelang komentar Powell pada Jumat.

Probabilitas Federal Funds Rate dalam Rapat September (Sumber: CME FedWatch)

Harga swap mengindikasikan tiga pemangkasan 25 basis poin di tiga pertemuan kebijakan Fed yang tersisa tahun ini, turun dari sekitar empat pemangkasan yang diperkirakan pada dua hari yang lalu. 

“Kami sekarang sekali lagi tidak memperdebatkan apakah mereka akan memangkas, tetapi berapa banyak mereka akan memangkas dan berapa kali mereka akan memangkas sebelum akhir tahun,” kata Kenny Polcari di SlateStone Wealth.

(fad/ain)

No more pages