Logo Bloomberg Technoz

IHSG Masih Akan Bergerak Hati-hati, Antisipasi Situasi Politik

Muhammad Julian Fadli
23 August 2024 08:49

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 23 Agustus 2024, berpotensi bergerak hati-hati, dengan laju yang bervariasi. Pasar masih mengantisipasi situasi politik di dalam negeri, ditambah lagi kewaspadaan terhadap pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell di Jackson Hole.

Pada perdagangan kemarin Kamis 22 Agustus, IHSG tertekan di zona merah dengan kehilangan 65,91 poin, atau 0,87% dan menutup perdagangan di level 7.488.

Analisis Teknikal IHSG Rabu 23 Agustus 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal IHSG ada potensi untuk melemah, searah dengan indeks global terutama Wall Street semalam, menuju area support trendline garis kuning terdekatnya 7.450, yang mendekati range area support selanjutnya pada time frame daily di level 7.400, dan juga support kuat 7.370.

Apabila IHSG berhasil bertahan, dan memberikan indikasi penguatan, resistance penguatan pertama berpotensi menuju 7.500 sebagai target terdekat, dan ada resistance psikologis 7.550 sebagai target paling potensial selanjutnya.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari dalam negeri, dan global. Pasar masih mencermati gejolak politik di dalam negeri yang saat ini sedang cukup memanas terkait Pilkada 2024. Berbagai elemen masyarakat mulai dari buruh, mahasiswa, sipil hingga selebritas di berbagai daerah turut mengawal keputusan Mahkamah Konstitusi tentang syarat pencalonan.