Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Berdebat Soal Pemangkasan Suku Bunga Bertahap

News
23 August 2024 07:30

Gubernur Federal Reserve Bank of Boston Susan Collins. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Boston Susan Collins. (Dok: Bloomberg)

Jonnelle Marte dan Reade Pickert - Bloomberg News

Bloomberg, Dua pejabat Federal Reserve mengatakan mereka percaya bahwa sudah sepantasnya bank sentral AS mulai menurunkan suku bunga segera, dan bahwa laju pemangkasan selanjutnya harus "bertahap" dan "metodis." 

Gubernur Fed Boston Susan Collins menggunakan istilah-istilah tersebut dalam wawancara dengan Bloomberg News dan Fox Business, sementara Gubernur Fed Philadelphia Patrick Harker menggunakan kata-kata yang sama dalam wawancara dengan Reuters dan CNBC di Jackson Hole, Wyoming.

Tidak ada yang memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai apa arti dari istilah-istilah tersebut untuk frekuensi pemangkasan. Para investor selama berminggu-minggu memperkirakan bahwa bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga pada September dan telah mengalihkan perhatian mereka pada apa yang akan terjadi setelah itu.

Taruhan pada fed fund futures saat ini memprediksi para pembuat kebijakan akan memangkas 75 atau 100 basis poin, secara total, pada akhir tahun. Para pejabat harus bergerak secara bertahap ketika mereka mulai melakukan pelonggaran, kata Collins, menekankan bahwa ia tidak melihat "tanda bahaya" dalam perekonomian.